jump to navigation

TIK

ini guru saya, ibu evi rokhayati guru TIK…

 

 

PERANGKAT KERAS INTERNET DAN JARINGAN

A.Perangkat utama pendukung koneksi internet

  1. perangkat client

perangkat client adalah perangkat yang mutlak harus ada untuk dapat mengakses    internet.

Contoh perangkat client:

  1. PC Desktop,adalah komputer personal yang digunakan untuk menjalankan aplikasi desktop dlm keperluan sehari2.keunggulannya antara lain lebih tahan banting,harga relatif murah dan mudah untuk di upgrade. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan tempat untuk menggunakannya,membutuhkan banyak kabel dan tidak mudah untuk dipindah2.
  2. Notebook,adalah komputer personal yang memiliki sumber daya baik baterai maupun listrik AC.kelebihannya adalah masalah portable,small dan conveinant,sedangkan kelemahannya adalah kemampuannya terbatas,keyboard dan mouse kecil,membutuhkan biaya yang banyak untuk membeli dan lebih sulit penggunaannya disbanding desktop.
  3. Handphone,adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line yang konvensional dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.
  4. PDA,adalahsebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana2.PDA banyak digunakan sbg pengorganisir pribadi awalnya,tetapi karena perkembangannya bertambah banyak fungsinya seperti kalkulator,penunjuk jam dan waktu,permainan komputer dll.
  5. Smartphone,adalah sebuah ponsel multifungsi yang menggabungkan beberapa fungsi dari sebuah Pda,seperti personal scheduler,kalender,dan phonebook.dan dilengkapi dengan kemampuan untuk mengakses internet,cek email dan permainan online.
  6. Thinclient,dirancang untuk efisiensi dan pemanfaatan penuh kemampuan komputasi darikomputer server yang saat ini kekuatannya dr cukup untuk memenuhi kenutuhan komputasi normal.

2.Modem

  1. pengertian modem

berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa,sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima shg informasi tsb dapat diterima dg baik.terdapat 2 macam modem,yaitu modem eksternal dan modem internal.

  1. cara kerja modem

kebanyakan modem digunakan oleh PC atau laptop dg menggunakan teknik asynchronous.maksudnya ketika modem ini mengirimkan data tanpamenggunakan clock untuk menyinkronisasikan kegiatan dari kedua system yang terhubung.

  1. fungsi modem

yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Selain itu,modem juga memiliki kemampuan menjadi fax modem,fax modem ini bekerja seperti faksimil,dengan sebuah software yang dirancang khusus.

  1. Jenis-jenis modem

Terbagi atas:

  1. modem analog,yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyaldigital.
  2. modem ADSL
  3. modem kabel,yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV kabel.
  4. modem CDMA
  5. modem 3GP
  6. modem GSM

3.Line Telephone

adalah sambungan instalasi telephoneyang masuk ke rumah kita. Jika kita menggunakan layanan dial up maka secara otomatis telepon rumah tidak akan berfungsi untuk sementara waktu.

B. Perangkat Pendukung  untuk Mengembangkan JAringan iInternet

  1. Server, adalah sebuah system computer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan computer.

Macam server :

    1. PC Server
    2. Branded Server
    3. Cluster Server
    4. Mainframe Server
  1. Repeater, suatu perangkat dengan program yg digunakan untuk mengatasi keterbatasan fisik suatu sekmen jaringan.
  2. Hub, adalah titik penyambung diantara station dengan station dan diantara station dengan server

Dua kategori hub :

a.Hub Chasis, Chasis hub adalah hub yang dipasang pada chasing.chasingini mempunyai ruang/slot pengembangan CES (Card Expansion Slot) beebentuk padat.Chasis hub sangat berguna jika kita hendak merangkai banyak komputer.

b.Hub stackable.

Stackable hub terdapat dalam bentuk kotak tipis 6 hingga 24 port.Kebanyakan portnya mempunyai lampu indicator yang menyala ketika digunakan. Ini dikenal sebagai stackable karena hub ini dapat  sebagai stackable karena hub ini dapat diparalelkan untuk menambah port sambungan. Dua jenis hub stackable yaitu managed stackable dan unmanaged stackable.

4. Switch, adalah perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch,yaitu cut-through store-and-forward. Cara kerja switch sudah lebih canggih dibandingkan hub,oleh karena itu switch sering disebut juga smart hub.

5..Router, adalah system jaringan baik itu skala kecil maupun skala besar.

6.Proxy, adalah sebuah computer server yang dapat bertindak sebagai computer lainnya untuk melakukan request tyerhadap konten dari internet.

  1. Gateway, adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan computer dengan satu atau lebih jaringan computer yang menggunakan protocol komunikasi yang berbeda.
  2. Access point, alat Bantu pada jaringan wireless atau WLAN.
  3. kartu jaringan, sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari computer ke sebuah jaringan computer.
  4. Media transmisi, merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan computer atau pheriperal lainnya.

Jenis media transmisi :

  1. Media transmisi kabel
  2. Media transmisi nirkabel

BAB 2

SETTING KONEKSI INTERNET

A.     Berbagai Macam Koneksi Internet dan Spesifikasi Instalasi

1. Berbagai Jenis Koneksi Internet

secara umum sering digunakan oleh pengguna internet untuk mendapatkan koneksi internet murah adalah dengan koneksi dial-up.Selain itu dapat memanfaatkan GPRS, Satelit VSAT, Listrik, Paket radio dll.

Macam koneksi Internet:

  1. Teknologi dial-up telepon langsung

Istilsah teknologi dalam bahasa inggris mengacu pada akses internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau bergerak.keuntungan penggunaan koneksi dial-up terletak pada biaya instalasi dan bulanan yang relatif lebih murah.sedangkan kelemahan koneksi dial-up ini terletak pada kecepatan akses yang tidak murni 100%, umumnya 56kbps dari ISP sehingga pelanggan hanya dapat mengakses 30kbps atau maksimal 50kbps.Pengguna koneksi internet jenis ini bisa didapat dari: Telkomnet Instan (tanpa registrasi), Indosat (dengan registrasi), Idola (dengan registrasi).

  1. Koneksi teknologi broadband DSL (Digital Subscriber Line)

Secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang disediakan untuk penggunanya sangat lebar, tetapi jalur ini akan dibagi dengan pengguna sekitarnya.

Berikut adalah tipe koneksi broadband mengadopsi teknologi DSL:

1.)    Asymmetric DSL (ADSL)

Tipe ini sengaja diciptakan untuk memenuhin kebutuhan pengguna level perumahan,dimana traffic menerima data lebih besar dari pada melakukan pengiriman.ADSL menyediakan koneksi upstream yang relatif lambat karena biasanya koneksi ini hanya digunakan untuk melakukan permintaan data ke internet.

2.)    Symmetric DSL (SDSL)

Merupakan koneksi yang memiliki spesifikasi jalur upload dan download yang sama persis keduanya.SDSL sangat cocok digunakan untuk aplikasi seperti pengirirman email besar dengan attacment yang besar, melakukan upload informasi ke internet,FTP server.sangat cocok juga jika digunakan pada perusahaan.

3.)    G.SHDSL

Teknologi ini dapat melayani penggunanya dengan fitur multi-rate (kecepatan yang berbeda-beda), multi service dengan jarak jangkauan yang lebih panjang dari teknologi DSL yang lainnya.

4.)    Intregated Service Digital Network DSL (IDSL)

Pada dasarnya adalah sebuah line ISDN BRI yang digunakan sebagai jalur leased line. Jalur ini dapat dikonfigurasi denagn kecepatan 64 kbps, 128 kbps, 144 kbps.IDSL hanya dapat digunakan untuk membawa komunikasi data saja, tidak seperti ISDN yang juga bisa digunakan untuk suara.IDSL sangat ideal untuk  digunakan di kanto-kantor cabang karena sinmyalnya bisa dikuatkan seperti ISDN.

5.)    Very-High-data-rate DSL (VDSL)

VDSL dapat menghantarkan data penggunanya mulai dari 13 Mbps sampai dengan 52 Mbps downstream dan 1,5 hingga 2,3 Mbps upstream hanya dengan menggunakan satu pasang kabel tembaga twisted.kelemahannya adalah jarak maksimalnya hanya sejauh 1,3 km saja.

6.)    High-data-rate DSL (HDDSL)

HDSL ini memiliki kecepatan transfer data yang sama dengan ujaringan E1 saat ini.HDSL dapat beroperai melayani penggunanya dalam jarak 3,6 km saja. Namun,repeater atau penguat dapat dipasang untuk memperpanjang jangkauannya.

  1. Koneksdi teknologi broadband TV kabel

Teknoloi ini memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa dibroadcast di udara menjadi berbentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan di dalam bungkusan kabel coaxial.beberapa keuntungan yang akan didapat pengguna dari adanya teknologi kabel antara lain:

1.)    teknologi kabel yang melewatkan koneksi internet dapat memungkinkan penggunanya melakukan koneksi VPN ke kantor pusat secara non-stop, sehingga pengguna bagaikan memiliki jalur pribadi sendiri dengan komeksi yang tabpa henti.

2.)    Kecepatan transfer yang relatif tinggi dipadukan dengan harga yang tidak terlalu mahal.

3.)    Teknologi TV kabel pus internet dapat menciptakan servis baru,yaitu TV interaktif.

  1. Teknologi GPRS

GPRS adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket engan memanfaatkan gelombang radio.Dibandngkan dengan protocol WAP,GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapa 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.alat komunikasi dengan GSM GPRS mempunyai fasilitas pertukaran data sampai dengan kecepatan 170 kbps. Salah satu keuntungan dari teknologi ini adalah pengguna akan selalu terhubung atau konected.selalu online,tetapi akan dikenai biaya hanya besarnya data yang ditransmisi.koneksi CDMA pada saat ini dapat mencapai 230 kbps.

  1. Teknologi listrik

Komunikasi saluran lisrik adalah suatu sistem untuk membawa data di suatu kondektur/dirigen yang juga digunakan untuk transmisi tenaga listrik

  1. Teknologi radio paket

Radio paket adalahmetode komunikasi data paket melalui media transmisi gelombang radio.

System komunikasi radio memiliki beberapa keuntungan dan kerugian:
1. keuntungan:

a.)    Murah.peralatan yang digunakan relatif murah dan menggunakan peralatan yang sudah ada.

b.)    Radio paket menggunakan media radio yang tidak dikenai biaya koneksi, tidak seperti halnya penggunaan telepon untuk komunikasi data.

c.)    Tanpa kabel/ wireless, sehingga dapat menempuh jarak jangkau yang cukup jauh disbanding kabel.

2. Kerugian:

a.)    Kecepatannya rendah hanya 1200 bps.

b.)    System komunikasi paket radio yang sudah stabil sekarang berjalan pada kecepatan 1200 bps

  1. Teknologi WAP (Wireless Application Protocol)

WAP adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah hp digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP.

Keterbatasan perangkat WAP antara lain:

1.kemampuan CPU yang lebih rendah dibandingkan dengan CPU yang digunakan pada perangkat wired seperti komputer).

2.keterbatasan ukuran memori.

3.penghematan penggunaan catu daya (power) yang biasanya menggunakan baterai.

4.ukuran display yang lebih kecil dan terbatas.

5.input device yangberbeda dengan device biasa.

  1. Teknologi VSAT

VSAT  (Very Small Apperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

  1. Wifi (Wireless Fidelity)

Wifi adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan local area network yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

2. Klasifikasi Jaringan

Kemampuan jarinag komputer berdasarkan ruang lingkup dan jangkauan dapat dibagi menjadi beberapa kelompok,sebagai berikut:

a. Jaringan LAN (Local Area Network)

merupakan suatu jaringan di mana peralatan-peralatan hardware dan software digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas.jaringan LAN terdiri dari file server: berfungsi untuk mengontrol harddisk serta menghubungkannya ke dalam jaringan. Utility server,dengan adanya peralatan ini memungkinkan untuk setiap pemakai didalam jaringan bisa menggunakan beberapa peralatan. Printer server,berfungsi untuk membagi peng-access-ann printer kedalam sebuah jaringan sehngga bisa dimanfaatkan seluruh pemakai.Gateway merupakan suatu peralatan didalam jaringan yang berguna untuk melakukan komunikasi dengan jaringan yang lain.pada jaringan LAN kecepatan transmisi mencapai 100 Mbps.

Ciri-ciri jaringan LAN:

1. Brsifat local.

2. Dikontrol oleh satu kekuasaan administratif.

3. Pengguna sebuah LAN dianggap dapat dipercaya.

4. Mempunyai kecepatan yang tinggi dan data dapat di sharing.

Keuntungan pengguna jaringan LAN:

b. Jaringan MAN (Metropilitan Area Network)

Pda dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.

Ciri-ciri jaringan MAN:

1. Mempunyai luas jaringan antara 5 sampai 50 km dan mengkoneksi komputer dalam suatu kota.

2. MAN umumya dimiliki oleh beberapa organisasi.

3. MAN biasanya memiliki network provider.

4. Merupakan jaringan dengan kecepatang yang tinggi.

5. Dapat dikoneksikan ke jaringn lain untuk membentuk WAN.

c. Jaringan WAN (Wide Area Network)

Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas 2 atau lebih komputer dalam suatu area yang luas dan dihubungkan dengan fasilitas komunikasi.ciri dari jaringan WAN adalah penekanan pada fasilitas transmisi sehingga komunikasi dapat berjalan efisien.. organisasi yang mendukung WAN adalah pengguna protocol internet yang dikenal sebagai NSP (Network Service Provider).

d. Jringan tanpa kabel (Wireless)

Jaringan ini tidak mungkin dibangun pada angkutan transportasi, sehingga pengembangan jaringan wireless merupakan satu alternatif yang dapat dipilih.jaringan tanpa kabel mempunyai banyak manfaat untuk mengirim.menerima telepon,fax,email,membaca file jarak jauh.

3. Persiapan Spesifikasi Hadware untuk Instalasi Internet

Kecepatan akses internet sangat dipengaruhi oleh jenis dan spesifikasi perangkat yang digunakan.Sebuah perangkat yang memenuhi spesifikasi standar tentu akan dapat bekerja dengan cepat.

Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagai berikut:

B.     Tata cara Koneksi Internet Menggunakan Telkomnet Instan

Telkomnet instan adalah salah satu jenis layanan dari PT Telkom Indonesia dalam hal koneksi sambungan Internet.kecepatan maksimum telkomnet instan adalah 56 kbps.

Berikut ini akan dijelaskan tatacara melakukan sambungan internet dengan menggugnakan program system operasi Microsoft Windows Xp.

1. Set up koneksi

2.Dialing koneksi

Adapun lagkah koneksi yang dapat kita lakukan untuk memulai aktifitas memperoleh layanan internet antara lain:

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar