jump to navigation

IKHLAS Desember 23, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

Ikhlas menurut arti bahasa artinya membersihkan atau memurnikan sesuatu dari kotoran. Sedangkan menurut istilah syar’i, ikhlas adalah membersihkan dan memurnikan ibadah dari segala jenis kotoran syirik. Setelah diketahui pengertian ikhlas menurut pengertian syar’i, dapat diambil kesimpulan bahwa orang dikatakan ikhlas dalam beribadah apabila ia memenuhi dua syarat. Syarat pertama adalah bertauhid. Yaitu mengesakan Allah dalam uluhiyyah, rububiyyah serta asma dan sifat-Nya. Syarat kedua adalah meninggalkan segala jenis syirik, baik itu syirik besar maupun syirik kecil. Dua syarat tersebut berkaitan sangat erat. Tidak mungkin seseorang memenuhi satu syarat dan mengabaikan syarat yang lain. Orang yang ingin sempurna tauhidnya harus meninggalkan syirik. Lalu bagaimana keikhlasan ini dapat menyelamatkan seseorang dari perbuatan keji? Sejarahnya ternyata hampir setua sejarah manusia. Pada saat diusir dari surga Iblis telah bersumpah akan menyesatkan seluruh anak cucu Adam. Namun ada orang yang dapat diganggu oleh Iblis yaitu orang-orang yang ikhlas, sebagaimana telah dijelaskan dalam firman Allah ta’ala : Iblis menjawab : “Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka.” [Shaad : 82 – 83] Logikanya, bila manusia ikhlas dalam beribadah kepada Allah, maka Iblis tidak akan mampu menggodanya. Dan bila tidak mendapat godaan dari Iblis, maka manusia akan jauh dari dosa. That simple? Ya, begitulah. Namun untuk menjadi manusia yang ikhlas tidak gampang. Dibutuhkan landasan ilmu, kesungguhan dan konsistensi. Bila Ikhlas adalah tanaman, maka dia harus ditanam dengan teknik yang benar (ilmu), dengan media yang baik (kesungguhan) dan rajin merawatnya (konsistensi) agar dapat tumbuh dengan baik. Bila kita lalai tanaman ikhlas itu dapat layu bahkan mati. Di sini saya berharap bisa berdiskusi dengan pembaca semua untuk menjaga keimanan kita dan agar tidak futur (terputus dari petunjuk). Agar tidak layu tanaman ikhlas kita. Saya harapkan umpan baliknya. wassalam Artikel taman-islam.com hadir tiap Selasa dan Jumat dini hari. Insya Allah.

Tips Menjaga Persahabatan Desember 21, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

Memiliki sahabat sejati adalah harga paling berharga, karena bersama sahabat kita bisa menjadi diri sendiri, ia mampu membuat kita bahagia dengan diri kita sendiri dan memberi motivasi hidup.Tetapi terkadang muncul perbedaan pendapat, selisih paham atau masalah yang menguji persahabatan kita. Bagaimana menyiasati ‘ujian-ujian’ yang akan selalu timbul agar ikatan persahabatan tetap awet ? Psikolog Alexander Sriewijono membagi tipsnya.

  1. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kita juga memiliki manfaat bagi sahabat-sahabat kita ?
  2. Selalu bersikap tulus dan jujur, tidak ada kata terpaksa dalam melakukan sesuatu bagi sahabat.
  3. Keep contact. Persahabatan tidak terpisahkan oleh jarak dan waktu. Meski tak bisa selalu sering bertemu, tanyakan kabar masing-masing melalui telepon, SMS atau email.
  4. Hindari meminjam uang dari sahabat. Jika Anda tidak bisa membayar hutang, nasib persahabatan bisa menjadi taruhan.
  5. Hormati pilihan hidupnya. Meski Anda tidak selalu setuju dengan pilihan yang diambil oleh sahabat, bukan berarti Anda berhak mengintervensi hidupnya. Tugas Anda adalah memberikan masukan, segala keputusan tetap ada di tangannya.

jangan bermaksiat Desember 21, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

Sebagian ikhwah mungkin menyangka bahwa Alloh akan memakluminya jika ia bermaksiat lantaran menurutnya ia telah lama beriltizam kepada Islam dan bergabung dengan para aktivis Islam. Maka ia pun memandang remeh urusan maksiat. Apalagi setelah berlalunya masa yang panjang dari iltizamnya, setelah mulai berkurang dan menipis hammiyahnya (pembelaan), dan ghirahnya (semangat).
Ketika seorang telah menganggap remeh dosa-dosa kecil, atau mentolerir perkara-perkara syubhat, dengan segera ia akan merasakan akibatnya dari Alloh ‘azza wa jalla. Dahsyat memang!
Pernah ada seseorang yang melakukan perbuatan maksiat, beberapa jam kemudian ia sudah mendapati hukuman yang berat dikarenakan perbuatannya itu. Ia kebingungan dan berkata pada dirinya sendiri ,”Aku telah melakukan perbuatan dosa yang semacam ini atau bahkan lebih besar lagi, lebih dari 100 kali sebelum aku beriltizam dan aku tidak mendapati hukuman atas perbuatanku itu. Sekarang, hukuman yang aku dapati sangatlah kuat, langsung dan kuat!”
Seandainya orang ini mengerti agamanya dengan baik, niscaya ia akan mengerti bahwa sebenarnya Alloh sedang “cemburu” atas dilanggarnya perkara-perkara yang diharamkan-Nya. Kecemburuan Alloh ini semakin besar manakala pelaku pelanggaran itu adalah wali-wali-Nya yang selama ini mendekatkan diri kepada-Nya, yang semestinya menjadai orang yang paling jauh dari segala bentuk kemaksiatan.
Para pembawa panji risalah Islam adalah orang-orang yang semestinya paling bertakwa kepada Alloh dan paling menghindari dosa-dosa kecil serta perkara-perkara syubhat, apalagi yang haram. Mereka melarang orang lain melakukannya, bagaimana bisa mereka sendiri melakukannya?
“Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar Kebencian di sisi Alloh bahwa kamu mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan.” (Ash-Shaff: 2-3)
Lebih dari itu, ini akan melahirkan fitnah di kalangan kaum muslimin pada umumnya saat mereka mengetahuinya –dan suatu saat mereka pasti akan tahu- dan akan mengakibatkan hilangnya maratabat qudwah dan uswah yang seharusnya menjadi perhiasan setiap ikhwah.
Karena itulah Alloh berfirman:
“Maka apabila diri kalian condong setelah datangnya bukti yang nyata, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Alloh Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.” (Al-Baqarah: 209)
Perhitungan bagi mereka (wali-wali Alloh yang melakukan pelanggaran) adalah perhitungan yang berat, lebih berat dan lebih sulit dibandingkan dengan perhitungan untuk orang-orang selain mereka. Untuk itu hendaknya setiap ikhwah mengerti dengan ilmu, yakin bahwa Alloh dan anak Adam itu –apapun pangkatnya- tidak ada hubungan kerabat atau kekeluargaan. Alloh senantiasa memutuskan sesuatu dengan tepat dan adil.
Setiap ikhwah yang tergabung dalam sebuah organisasi Islam hendaknya mengingatkan diri dengan firman Alloh ta’ala:
“bukanlah karena angan-angan kalian, bukan pula angan-angan ahli kitab, barang siapa mengerjakan kejahatan maka ia akan diberi balasan karena perbuatannya.” (An-Nisa: 123)
“Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (Al-Zalzalah: 7-8)
Lihatlah Bal’am bin Ba’ura yang konon mengetahui nama Alloh yang teragung, ketika ia bernaksiat kepada Rabbnya, ia pun berubah seperti anjing, dalam keadaan yang selalu menjulurkan lidah. (lihat tafsir surat al-A’raf: 175)
Dosa dan kemaksiatan adalah sumber malapetaka. Tidak ada bencana yang menimpa melainkan dosalah penyebabnya, dan bencana tidak akan dihentikan kecuali dengan taubat.
“Sungguh seorang hamba itu akan terhalangi dari rizki dikarenakan dosa yang dilakukannya.” (HR Ibnu Majah dan Ahmad)
Betapa banyak orang yang mengucapkan kata-kata yang haram, karenanya Alloh menghalanginya dari beningnya hati. Atau karena ia mengkonsumsi makanan yang syubhat (dengan begitu ia mendzalimi hatinya) maka ia terhalang dari qiyamullail dan shalat untuk bermunajat.
Akibat lainnya adalah kemaksiatan akan menghantarkan kepada kemaksiatan yang lain, kemaksiatan akan melahirkan kemaksiatan berikutnya, dan begitu seterusnya.
Seorang yang bermaksiat mungkin saja melihat badan, harta dan keluarganya baik-bauk saja. Ia merasa tidak ada hukuman atas kemaksiatan yang dilakukannya. Sebenarnya saat itulah ia sedang mendapat hukuman. Cukuplah menjadi hukuman baginya ketika manisnya kelezatan iman berubah menjadi hambar tak berasa dan yang tersisa tinggal pahitnya penyesalan, kesedihan dan kegelisahan.
Diriwayatkan ada beberapa orang pendeta Bani Israil bermimpi melihat Rabbnya, ia berkata, “Duhai Rabbku, betapa banyak aku telah banyak bermaksiat kepada Mu tetapi Engkau tidak pernah memberikan hukuman atas semua itu?” Rabbnya menjawab, “Betapa banyak Aku telah memberikan hukuman kepadamu, tetapi kamu tidak pernah tahu. Bukankah Aku telah menghalangimu dari merasakan manisnya bermunajat kepada Ku?!”
Kadangkala buah dari kemaksiatan yang ia lakukan, berupa Alloh akan menjadikan kebencian dari berbagai hati kepadanya, atau terhalanginya dakwah tanpa sebab yang jelas. Abu Darda’ r.a. berkata, “Ada seorang hamba yang sembunyi-sembunyi dalam bermaksiat kepada Alloh ta’ala, lalu Alloh menumbuhkan rasa benci dalam hati orang-orang yang beriman kepadanya tanpa pernah ia menyadarinya.”
Ibnul Qayyim pernah menuliskan pengaruh yang ditimbulkan oleh kemaksiatan: “Hidayah yang sedikit, ra’yu (pikiran) yang rusak, kebenaran yang tersembunyi, hati yang bobrok, ingatan yang lemah, waktu yang terbuang sia-sia, makhluk yang menjauhinya, takut berhubungan dengan Rabbnya, do’a yang tidak dikabulkan, hati yang keras, rizki dan umur yang tidak berbarokah, terhalanginya dari ilmu, diliputi kehinaan, direndahkan oleh musuh, dada yang sempit, mendapatkan teman-teman jahat yang merusak hati dan membuang-buang waktu, kesedihan dan kegundahan yang panjang, kehidupan yang menyesakkan dan pikiran yang kacau. Semua itu merupakan buah kemaksiatan dan akibat kelalaian dari dzikrullah, seperti halnya tetumbuhan yang subur dengan air dan kebakaran bermula dari sepercik api. Begitupun sebaliknya, semua kebalikan dari hal-hal tersebut di atas merupakan buah dari ketaatan.”
Waspadalah terhadap kejahatan yang disepelekan. Ia mungkin saja dapat membakar negeri. Wahai yang senantiasa tergelincir, mengapa kau tidak memperhatikan apa yang membuatmu tergelincir?!.
*Disadur dari buku “Nasehat-nasehat Rasulullah saw, Penawar Lelah Pengemban Dakwah” … dengan diedit seperlunya.

Kawan, marilah kita selalu memperbaiki diri kita, mendekatkan diri kepada Alloh, agar selalu terjaga di jalan Alloh.

shalat Desember 21, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

shalat ini merupakan tiang agama, maka dari itu harus selalu ditegakkan. Orang yang meninggalkan shalat berarti orang tersebut termasuk orang yang menghancurkan agama.Hal penting dalam shalat ini adalah merupakan sarana yang sangat efektif untuk berhubungan antara manusia dengan Allah SWT., karena dalam shalat ini terkandung :
1. Dzikir. Dalam ibadah shalat ada bacaan-bacaan yang mengagungkan Allah, mensucikan Allah dan memuliakan Allah SWT.

2. Do’a. Dalam shalat mengandung do’a-do’a mohon pengampunan, mohon diberi kesehatan, mohon perlindungan, mohon rezki, mohon dijauhkan dari siksa api neraka dan mohon dimasukkan dalam surga dan sebagainya. Semua item kegiatan dalam kehidupan ini ada dalam bacaan shalat. Dalam bacaan shalat ini kita mohon dikaruniai kebahagiaan dunia maupun akhirat. Karena shalat ini kita dalam

keadaan memohon, maka sudah seharusnya kalau kita dalam keadaan

yang khusyuk, supaya permohonan kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

3. Tilawatil Qur’an. Dalam ibadah shalat, kita membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Ada bacaan Surat Al-Fatihah dan setelah membaca Al-Fatihah kita membaca Surat-Surat lain yang ada dalam Al-Qur’an. Kitab Al-Qur’an adalah kitab yang berisi hal-hal yang fundamental, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Al-Qur’an adalah merupakan “way of life” bagi semua umat Islam di dunia ini. Di dalam Al-Qur’an tercantum apa-apa yang harus dilakukan dan apa-apa yang harus ditinggalkan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang khusyuk melaksanakan shalat, karena salah satu ciri orang yang beriman adalah orang yang menjalankan ibadah shalat dengan khusyuk.

Indahnya ISLAM Desember 21, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

Tema keindahan Islam sangat luas, panjang lebar sulit untuk diringkas dengan bilangan waktu yang tersisa. Sebelumnya, yang perlu kita ketahui adalah firman Allah.

إِنَّ الدِّينَ عِندَ اللّهِ الإِسْلاَمُ

“Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (Qs. Ali Imran: 19)

Juga firman-Nya.

وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الإِسْلاَمِ دِيناً فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ

“Barang siapa yang mencari selain Islam sebagai agama, maka tidak akan diterima.” (Qs. Ali Imran: 85)

Jadi, agama yang dibawa oleh para nabi dan menjadi sebab Allah mengutus para rasul adalah dienul Islam. Allah mengutus para rasul untuk mengajak agar orang kembali kepada Allah. Para rasul datang untuk memperkenalkan Allah. Barang siapa menaati mereka, maka para rasul akan memberikan kabar gembira kepadanya. Adapun orang yang menentangnya, maka para rasul akan menjadi peringatan baginya. Para rasul diperintahkan untuk menegakkan agama di dunia ini.

Allah berfirman.

شَرَعَ لَكُم مِّنَ الدِّينِ مَا وَصَّى بِهِ نُوحاً وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى وَعِيسَى أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَن يُنِيبُ

“Dia telah mensyariatkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa, yaitu ‘Tegakkan agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya.’ Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)Nya orang yang kembali (kepada)-Nya.” (Qs. Asy-Syura: 13)

Islam adalah agama yang dipilih Allah untuk makhluk-Nya. Agama yang dibawa Nabi merupakan agama yang paripurna. Allah tidak akan menerima agama selainnya. Jadi agama ini adalah agama penutup, yang dicintai dan diridhaiNya.

Allah berfirman.

يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَن يُنِيبُ

“Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada)-Nya.” (Qs. Asy-Syura: 42)

Sebagian ahli ilmu mengatakan, Sebelumnya aku mengira bahwa orang yang bertaubat kepada Allah, maka Allah akan menerima taubatnya. Dan orang yang meridhoi Allah, niscaya Allah akan meridhoinya. Dan barang siapa yang mencintai Allah, niscaya Allah akan mencintainya. Setelah aku membaca Kitabullah, aku baru mengetahui bahwa kecintaan Allah mendahului kecintaan hamba pada-Nya dengan dasar ayat,

يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ

“Dia mencintai mereka dan mereka mencitai-Nya.” (Qs. Al Maaidah: 54)

Ridha Allah kepada hambaNya mendahului ridha hamba kepada-Nya dengan dasar ayat,

رَّضِيَ اللّهُ عَنْهُمْ وَرَضُواْ عَنْهُ

“Allah meridhoi mereka dan mereka meridhoi-Nya.” (Qs. At-Taubah: 100)

Dan aku mengetahui bahwa penerimaan taubat dari Allah, mendahului taubat seorang hamba kepada-Nya dengan dasar ayat,

ثُمَّ تَابَ عَلَيْهِمْ لِيَتُوبُواْ إِنَّ

“Allah menerima taubat mereka agar mereka tetap dalam taubatnya.” (Qs. At-Taubah: 118)

Demikianlah, bila Allah mencintai seorang manusia, maka Dia akan melapangkan dadanya untuk Islam. Dalam Shahihain, dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda. “Demi Zat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Tidak ada seorang Yahudi dan Nasrani yang mendengarku dan tidak beriman kepadaku, kecuali surga akan haram buat dirinya.” (Hadits Riwayat Muslim)

Karena itu, agama yang diterima Allah adalah Islam. Umat Islam harus menjadikannya sebagai kendaraan. Persatuan harus bertumpu pada tauhid dan syahadatain. Islam agama Allah. Kekuatannya terletak pada Islam itu sendiri. Allah menjamin penjagaan terhadapnya.

cerpen sang mujahid Desember 21, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

Pada suatu hari di sebuah ruangan yang cukup sepi, dan sayup-sayup hembusan angin yang membisiki. terlihat sosok-sosok makhluk dengan jubah besar yang menutupi seluruh tubuhnya kecuali muka dan kedua telapak tangannya, sedang beradu argument dengan sekelomok makhluk berwajah terang, berjenggot tipis yang sering di usapnya ketika sedang berwudhu, baju muslim yang selalu ia gunakan sehari-hari, walaupun sudah kelihatan begitu lusuh, celana jangkisnya yang senantiasa ditemani oleh sandal kulit kesayangannya. Ya,tak lain tak bukan,,mereka adalah sekelomok ikhwan rohis yang sedang berdiskusi dengan partner lawan jenisnya dalam organisasi tersebut, yang lebih dikenal dengan sebutan “akhwat”.
Mereka sedang memperdebatkan masalah Tafakkur Alam yang sedikit lagi akan dilaksanakan. Tapi,mereka masih bingung, Dimana tempat yang lebh cocok untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Lalu terjadilah perang mulut diantara mereka,
“ Jadi gimana ni akhi untuk masalah tempatnya??? Kita harus cari tempat yang bagus, aman, enak dan budgetnya juga ga begitu besar!! Tanya salah seorang akhwat yang paling aktif di antara para akhwat lainnya. Sebut saja ukhti ana. Akhwat ini memang salah satu akhwat yang hyper aktif di organisasi rohis. Selain itu, dia juga akhwat yang paling banyak omong, bisa dibilang cerewet, karena ketika ada suatu masalah sedikit di ikhwan maupun akhwat, dialah yang paling kritis dalam mengatasinya.
“ Jadi begini ukh,,,kalau di ikhwannya, kita punya referensi tempat seperti di cibatok, gunung halimun sukabumi, dan ada beberapa tempat lain, yang seprtinya tidak mungkin untuk dijelajahi” dengan nada yang santai dan tenang, seorang ikhwan menjawabnya. Ikhwan ini adalah Firmansyah, yang akrab dipanggil ansy dan juga omen ataupun jangkung( Lha ko jangkung??why??karena dia adlah salah seorang yang paling tinggi, tingginya sekita 185 cm, sehingga sering dikatain pohon berjalan). Dia adalah ketua pelaksana kegiatan tafakkur alam ini. Dia juga menjabat sebagai ketua mushola dalam organisasi Rohis, makanya dia sering dipanggil dengan sebutan “merbot”hehe
“ hmm…kalo dari akhwat sie,,kita mau usulin di villa widuri, daerah puncak. Katanya sie enak, soalnya waktu itu di RT ana udah pernah ngadain acara Tafakkur alam kesana, dan hasilnya bagus banget. Gimana akhi??” Tanya Fatimah dengan nada yang agak malu-malu, maklum akhwat yang satu ini memang benar-benar menjaga jarak dengan ikhwan. akhwat yang satu ini menjabat sebagai ketua keputrian di organisasi rohis tersebut.
“ wah ukhti,, ga bisa begitu,,, kalo misalnya kita adain acaranya di Villa kayak gitu,,nuansa alamnya kurang dapet ukh…mending kita di cibatok aja,,kan alamnya masih asri banget…ok??” potong abdul, seorang ikhwan yang berpenampilan funky, dia adalah ketua akomodasi dalam kepanitiaan tafakur alam ini. Jadi, untuk masalah tempat, dialah orang yang bertanggung jawab atasnya.
Dengan nada yang cukup tinggi dan agak keras, ana membantah kata-kata abdul
“ bukannya begitu, ana Cuma takut terjadi apa-apa dengan peserta. Karena ana udah pernah ngerasain sendiri keadaan disana seprti apa!!”
Kata-kata ana tersebut, membuat keadaan yang tadinya sepi seprti di kuburan, berubah menjadi panas dan tegang, seakan ribuan meteor siap jatuh ke bumi dan menghancurkan segalanya.
Keadaan semakin memanas saat abdul adu bicara dengan ana, maklum , abdul memang orangnya agak keras, dan agak sedikit egois. Akan tetapi, dibalik ke egoisan yang dia tampakkan saat ini, tersimpan rasa khwatir yang cukup besar, krena dialah yang akan mempertanggung jawabkan masalah tempat, bila ada kesalahan dalam pencarian tempat, dialah orang pertama yang akan disalahkan.
Saat keadaan memuncak, dimana adu bacot terus terjadi, dan tak ada pihak yang mau disalahkan. Semua pihak ingin menang sendiri. Tiba-tiba sosok yang tadinya diam-diam saja, tak mau berkomentar apapun, hanya duduk dan mencatat segala yang terjadi, angkat bicara. Dialah Fahri, si ketua pendanaan. Ikhwan ini memang salah seorang ikhwan yang kalem, ga mau banyak berkomentar. Dia paling benci sama yang namanya perdebatan, karena pikirnya, debat hanya buang’ waktu aja dan juga dapat membekukan hati.
“ udah lah, antum semua jangan memperdebatkan suatu hal yang ga akan ada habis-habisnya. Kalau misalnya kita terus memperdebatkan hal ini, kapan kita mau jalan. Kalau semua pengurus rohisnya aja kayak begini, gimana orang-orang diluar sana yang akan kita didik. Malu!! Antum semua udah gede, jangan kayak anak kecil, yang mau menang sendiri. daripada ktia terus stuck disini, mending begini aja. Gimana kalo kita pertama ke cibatok dulu, trus abis dari cibatok, kita terusin ke villa widuri. Kan jaraknya ga terlalu jauh. Jadi bisa dua”nya kita survey.gimana?” potong fahri dengan nada yang cukup keras, lantara sudah tidak tahan dengan perdebatan yang sia-sisa tersebut.
“ nah bener banget tuh ri, mending kita kayak gitu aja, daripada waktu kita abis bakal debatin hal yang ga guna ini” sambut Rian dengan raut muka yang santai. Rian ini ketua rohis lho…. Dia adalah orang yang paling penting di organisasi rohis ini. Gayanya yang cukup OK itu, sering banget bikin akhwat-akhwat mabuk asmara. Ditambah lagi dengan sikapnya yang cukup supel dengan cewek, pokoknya,,setiap akwat yang dideketin sama si keris(baca:ketua rohis) ini, bakalan langsung Jatuh Hati sama dia. Dah gitu, kemampuan dia maen bola,,,widiii,,,,bikin makin banyak akhwat yang ngefans sama dia…..
Begitu mendengar kata-kata sang ketua rohis yang cukup bijak ini, mereka pun akhirnya setuju dengan usulan fahri. Rapat pun selesai, dengan keputusan ikhwan akan survey 2 tempat sekaligus yaitu, cibatok dan villa widuri……
Setelah syuro
Seusai syuro, akhwat-akhwat pun pulang ke rumah masing-masing. Tinggal tersisa beberapa ikhwan saja, yakni firmansyah, fahri, abdul, rian dan Mario. Oh iya,,,saya belum memperkenalkan tokoh yang bernama Mario.
Mario, keren ya namanya…akan tetapi itu Cuma nama panggilan saja. Nama lengkapnya adalah Maryono. Mungkin keliatan dari namanya, dia orang jawa, tapi jangan salah sangka lho..dia ini betawi asli…
Asal tau aja, Mario ini salah satu ikhwan terkeren di ROHIS. Emang, gayanya agak-agak kalem gitu, udah gitu kalo ngomong sama akhwat agak-agak gagap. Maklum, dia orangnya emang pemalu. Tapi,,jangan sangka,,tampangnya yang bener-bener OK ini, mampu menaklukkan ratusan cewe di sekolahnya. Bahkan, sampe-sampe dibuat tuh yang namanya MFC ( Mario Fans Club ) hebat ga tuh,,,,
Ok lanjut ke cerita berikutnya,,,
Ikhwa-ikhwan itu pun kumpul dan mendiskusikan,,rencana untuk survey nanti. Siapa yang akan kesana, biaya, dan tentunya,,”cara kesananya”,,emangnya mau nyasar…..
“ ok fren,,jadi kira-kira siapa nie yang mao pergi buat survey kesana???” sambut rian membuka diskusi kali ini. Diskusi kali ini lebih santai dan lebih gaul. Why?? Ya biasalah,,,kan isinya Cuma ada ikhwan doank,,jadi g usah pake jaim jaiman lah,,,ekpresikan dirimu!!!
“ hmmm..pastinya gw lah yan,, gw kan ketua pelaksana,,gw harus kesana,,buat ngontrol nanti,acaranya gimana…oya,,gimana kalo sma abdul dan fahri,,kan dia juga sama-sama ketua,,ketua akomodasi dan ketua pendanaan,,,gimana fren???” balas ansy dengan penuh antusias, suaranya yang ngebas itu, cukup mengangetkan fahri yang daritadi diem-diem baek.
“ ok lah,,,gw mah gampang-gampang aja. Jadi gimana kalo nginep di rumah gw aja dulu,,kita persiapin semuanya di rumah gw,,sekalian Tanya bokap gw, kan dia tau banget tuh sama jalan,,maklum lah bolang,,,hehe” jawab rahmat dengan antusias juga, karena mungkin motivasi dari ansy yang mengajaknya ke sana.”
“ ok,,gw juga setuju, berhubung gw pernah ke cibatok,,jadi gw masih rada-rada inget daerah situ,,jadi nanti biar gw jadi guide nya…hehe” tanggap abdul yang penuh semangat. Seperti akan memulai suatu petualangan baru yang menegangkan
“ yo, diem diem aja daritadi,,kenapa??blom makan??sakit?/atau kenapa??what happen with you???” Tanya rian sok perhatian, dan dengan bahasa inggris yang dipaksain. Maklum, rian tuh orang sunda asli,,jadi agak-agak susah untuk ngomong bahasa inggris.
“ hmm…gw sie setuju-setuju aja,,,asalkan……..”
“ asalkan apa????” Tanya rian dan anak-anak yang lain dengan serius,,memang,,Mario tuh orangnya misterius banget,,asal usulnya aja gajelas,,hehe ( ampun yo…),,,
Dengan nada yang cukup rendah,,,hingga membuat suasana menjadi hening…seakan-akan aura misteriusnya keluar memenuhi ruangan tersebut,,,keluarlah untaian kata yang ditunggu-tunggu oleh teman-temannya,,,fahmi pun berkata
“ asalkan abis ini lw pada teraktir gw makan,,soalnya gw laper banget n lagi kanker ( kantong kering )”
Gubrak…!!! Serentak semuanya berteriak….
“ AH LO MI….ADA ADA AJA,,,,”
Dan begitu seterusnya,,mereka terus berbincang-bincang dan bersenda gurau…maklum aja,,,kalo cowok-cowk dah ngumpul,,pasti bakalan rame kayak gitu,,,dan selesailah diskusi kecil tersebut dengan hasil. Mereka akan mensurvey 2 tempat sekaligus yang pertama cibatok yang kedua villa widuri. Dan petualangan itu akan dimulai di rumah fahri, yakni untuk merencakan segala sesuatunya yang diperlukan untuk petulangan tersebut.
Di rumah fahri
Dentang jam menunjukkan jam 9 malam, keadaan begitu sepi, hanya suara hembuasan angin malam yang membisiki. malam pun terus berlanjut hingga fahri memutuskan untuk tidur, lantaran pesimis dengan kedatangan kedua temannya yang janji untuk datang jam 8 malam.
Ketika fahri sedang mulai memasuki alam mimpinya. Melepas beban dan penat yang meliputinya selama seharian penuh ini. Baru saja dia menembus alam khayalnya, tiba-tiba terdengar suara ketukan pintu beserta salam. Suara yang ngebas itu, seperti suara yang sudah tidak asing lagi di telinga fahri, dialah ansy,,dan tentunya bersama abdul… akhirnya mereka sampai juga di rumah fahri untuk menyusun strategy petualangan esok hari.
Sebelumnya, seperti biasanya, orang tua fahri repot menjamu teman-temannya. Berbagai makanan dan minuman yang ada di persembahkan untuk mereka. Pokoknya, udah kayak raja banget dah. Begitu semua jamuan sudah tersedia, mreka pun mulai membuat strategy. Keseriusan dan ketegangan senantiasa meliputi wajah mereka, kira-kira apakah yang direncakan mereka untuk petualangan besok?? Baca di edisi selanjutnya>>>

tips.. November 30, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

Cobalah 5 Tips berikut ini untuk menjaga emosi agar tetap aman terkendali.

1. Biarkan keluar
Terkadang Anda juga perlu untuk mengekspresikan perasaan agar hati menjadi lebih ringan. Memendam dan menahan perasaan marah atau sedih dapat menyedot energi Anda dan mempengaruhi hubungan dengan orang tercinta, dan area lain dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. Jadi biarkan orang lain tahu jika sesuatu sedang mengganggu Anda. Jika kesulitan mengungkapkannya dengan kata-kata, cobalah menuliskannya ke dalam jurnal atau buku harian.

2. Hitung sampai sepuluh
Emosi adalah sesuatu yang kuat dan dapat muncul kapan pun: di tempat kerja, di supermarket, saat bersama teman-teman, bahkan di meja makan saat Anda sedang makan malam. Bila Anda merasakan emosi akan meluap, berhentilah sejenak dan hitung sampai 10 sebelum Anda mengatakan atau melakukan apa pun. Melakukan hal tersebut akan memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk tenang, menilai situasi, dan mempertimbangkan kemungkinan positif dan negatif akibat reaksi dan komentar Anda.

3. Kenali batas
Jika Anda memiliki kecenderungan untuk melakukan semua hal, berhati-hatilah! Tahan hasrat untuk menjadi manusia super yang menangani semua persoalan sendirian. Mintalah bantuan jika diperlukan. Bagi pekerjaan besar menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan delegasikan, bahkan tugas-tugas kecil sekali pun dan lakukan sebelum menumpuk. Belajar bagaimana mengenali dan mengekspresikan batas kemampuan diri adalah penting untuk menghindari ledakan emosi.

4. Bicara kepada diri sendiri
Emosi kita terkadang tak stabil. Suatu saat Anda bisa merasa senang, di menit berikutnya bisa jadi perasaan tidak karuan. Rasa khawatir tiba-tiba menyeruak dari dalam hati. Sesuatu atau mungkin beberapa hal terjadi di luar rencana dan harapan, dan Anda pun mulai terpuruk ke dalam lubang kegelapan. Sebelum terpuruk terlalu dalam, bicaralah kepada diri sendiri. Tanyakan apa yang dapat dipelajari dari situasi yang tengah dihadapi dan bagaimana cara agar Anda dapat membuat rencana yang lebih efektif di masa yang akan datang.

5. Penuhi kebutuhan dasar
Emosi datang menyerang pada saat Anda berada di dalam kondisi yang paling rentan: ketika jadwal kegiatan, peran dan tanggung jawab Anda sangat padat. Maka dari itu pastikan Anda telah memenuhi kebutuhan dasar terlebih dulu seperti makan, minum, tidur, dan olahraga yang cukup. Anda akan lebih mudah untuk tetap tenang, berkepala dingin, dan siap jika berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, dan mendapatkan cukup tidur.

cerpen persahabatan November 26, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

Pagi hari saat aku terbangun tiba-tiba ada seseorang memanggil namaku. Aku melihat keluar. Ivan temanku  sudah menunggu diluar rumah kakekku dia mengajakku untuk bermain bola basket.“Ayo kita bermain basket ke lapangan.” ajaknya padaku. “Sekarang?” tanyaku dengan sedikit mengantuk. “Besok! Ya sekarang!” jawabnya dengan kesal.“Sebentar aku cuci muka dulu. Tunggu ya!”, “Iya tapi cepat ya” pintanya.Setelah aku cuci muka, kami pun berangkat ke lapangan yang tidak begitu jauh dari rumah kakekku.“Wah dingin ya.” kataku pada temanku. “Cuma begini aja dingin payah kamu.” jawabnya.Setelah sampai di lapangan ternyata sudah ramai. “Ramai sekali pulang aja males nih kalau ramai.” ajakku padanya. “Ah! Dasarnya kamu aja males ngajak pulang!”, “Kita ikut main saja dengan orang-orang disini.” paksanya. “Males ah! Kamu aja sana aku tunggu disini nanti aku nyusul.” jawabku malas. “Terserah kamu aja deh.” jawabnya sambil berlari kearah orang-orang yang sedang bermain basket.“Ano!” seseorang teriak memanggil namaku. Aku langsung mencari siapa yang memanggilku. Tiba-tiba seorang gadis menghampiriku dengan tersenyum manis. Sepertinya aku mengenalnya. Setelah dia mendekat aku baru ingat. “Bella?” tanya dalam hati penuh keheranan. Bella adalah teman satu SD denganku dulu, kami sudah tidak pernah bertemu lagi sejak kami lulus 3 tahun lalu. Bukan hanya itu Bella juga pindah ke Bandung ikut orang tuanya yang bekerja disana. “Hai masih ingat aku nggak?” tanyanya padaku. “Bella kan?” tanyaku padanya. “Yupz!” jawabnya sambil tersenyum padaku. Setelah kami ngobrol tentang kabarnya aku pun memanggil Ivan. “Van! Sini” panggilku pada Ivan yang sedang asyik bermain basket. “Apa lagi?” tanyanya padaku dengan malas. “Ada yang dateng” jawabku. “Siapa?”tanyanya lagi, “Bella!” jawabku dengan sedikit teriak karena di lapangan sangat berisik. “Siapa? Nggak kedengeran!”. “Sini dulu aja pasti kamu seneng!”. Akhirnya Ivan pun datang menghampiri aku dan Bella.Dengan heran ia melihat kearah kami. Ketika ia sampai dia heran melihat Bella yang tiba-tiba menyapanya. “Bela?” tanyanya sedikit kaget melihat Bella yang sedikit berubah. “Kenapa kok tumben ke Jogja? Kangen ya sama aku?” tanya Ivan pada Bela. “Ye GR! Dia tu kesini mau ketemu aku” jawabku sambil menatap wajah Bela yang sudah berbeda dari 3 tahun lalu. “Bukan aku kesini mau jenguk nenekku.” jawabnya. “Yah nggak kangen dong sama kita.” tanya Ivan sedikit lemas. “Ya kangen dong kalian kan sahabat ku.” jawabnya dengan senyumnya yang manis.Akhinya Bella mengajak kami kerumah neneknya. Kami berdua langsung setuju dengan ajakan Bela. Ketika kami sampai di rumah Bela ada seorang anak laki-laki yang kira-kira masih berumur 4 tahun. “Bell, ini siapa?” tanyaku kepadanya. “Kamu lupa ya ini kan Dafa! Adikku.” jawabnya. “Oh iya aku lupa! Sekarang udah besar ya.”. “Dasar pikun!” ejek Ivan padaku. “Emangnya kamu inget tadi?” tanyaku pada Ivan. “Nggak sih!”  jawabnya malu. “Ye sama aja!”. “Biarin aja!”. “Udah-udah jangan pada ribut terus.” Bella keluar dari rumah membawa minuman. “Eh nanti sore kalian mau nganterin aku ke mall nggak?”  tanyanya pada kami berdua. “Kalau aku jelas mau dong! Kalau Ivan tau!” jawabku tanpa pikir panjang. “Ye kalau buat Bella aja langsung mau, tapi kalau aku yang ajak susah banget.” ejek Ivan padaku. “Maaf banget Bell, aku nggak bisa aku ada latihan nge-band.”  jawabnya kepada Bella. “Oh gitu ya! Ya udah no nanti kamu kerumahku jam 4 sore ya!” kata Bella padaku. “Ok deh!” jawabku cepat.Saat yang aku tunggu udah dateng, setelah dandan biar bikin Bella terkesan dan pamit keorang tuaku aku langsung berangkat ke rumah nenek Bella. Sampai dirumah Bella aku mengetuk pintu dan mengucap salam ibu Bella pun keluar dan mempersilahkan aku masuk. “Eh ano sini masuk dulu! Bellanya baru siap-siap.” kata beliau ramah. “Iya tante!” jawabku sambil masuk kedalam rumah. Ibu Bella tante Vivi memang sudah kenal padaku karena aku memang sering main kerumah Bella. “Bella ini Ano udah dateng” panggil tante Vivi kepada Bella. “Iya ma bentar lagi” teriak Bella dari kamarnya. Setelah selesai siap-siap Bella keluar dari kamar, aku terpesona melihatnya. “Udah siap ayo berangkat!” ajaknya padaku.Setelah pamit untuk pergi aku dan Bella pun langsung berangkat. Dari tadi pandanganku tak pernah lepas dari Bella. “Ano kenapa? Kok dari tadi ngeliatin aku terus ada yang aneh?” tanyanya kepadaku. “Eh nggak apa-apa kok!”  jawabku kaget.Kami pun sampai di tempat tujuan. Kami naik ke lantai atas untuk mencari barang-barang yang diperlukan Bella. Setelah selesai mencari-cari barang yang diperlukan Bella kami pun memtuskan untuk langsung pulang kerumah. Sampai dirumah Bella aku disuruh mampir oleh tante Vivi. “Ayo Ano mampir dulu pasti capek kan?” ajak tante Vivi padaku. “Ya tante.” jawabku pada tante Vivi.Setelah waktu kurasa sudah malam aku meminta ijin pulang. Sampai dirumah aku langsung masuk kekamar untuk ganti baju. Setelah aku ganti baju aku makan malam. “Kemana aja tadi sama Bella?” tanya ibuku padaku. “Dari jalan-jalan!” jawabku sambil melanjutkan makan. Selesai makan aku langsung menuju kekamar untuk tidur. Tetapi aku terus memikirkan Bella. Kayanya aku suka deh sama Bella. “Nggak! Nggak boleh aku masih kelas 3 SMP, aku masih harus belajar.” bisikku dalam hati.Satu minggu berlalu, aku masih tetap kepikiran Bella terus. Akhirnya sore harinya Bella harus kembali ke Bandung lagi. Aku dan Ivan datang kerumah Bella. Akhirnya keluarga Bella siap untuk berangkat. Pada saat itu aku mengatakan kalau aku suka pada Bella.“Bella aku suka kamu! Kamu mau nggak kamu jadi pacarku” kataku gugup.“Maaf ano aku nggak bisa kita masih kecil!” jawabnya padaku. “Kita lebih baik Sahabatan kaya dulu lagi aja!”Aku memberinya hadiah kenang-kenangan untuknya sebuah kalung. Dan akhirnya Bella dan keluarganya berangkat ke Bandung. Walaupun sedikit kecewa aku tetap merasa beruntung memiliki sahabat seperti Bella. Aku berharap persahabatan kami terus berjalan hingga nanti.

puisi untuk sahabat.. November 24, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

sahabatku………
seberat apapun masalahmu
sekelam apapun beban hidupmu
jangan pernah berlari darinya
ataupun bersembunyi
agar kau tak akan bertemu dengannya
atau agar kau bisa menghindar darinya
karena sahabat…..
seberapa jauhpun kau berlari
dan sedalam apapun kau bersembunyi
dia pasti akan menemuimu
dalam sebuah episode kehidupanmu
sahabatku……
alangkah indahnya bila kau temui ia dengan dada yang lapang
persilahkan ia masuk dalam bersihnya rumah hati
dan mengkilapnya lantai nuranimu
hadapi ia dengan senyum seterang mentari pagi
ajak ia untuk menikmati hangatnya teh kesabaran
ditambah sedikit penganan keteguhan
sahabat…….
dengan begitu
sepulangnya ia dari rumahmu
akan kau dapati
dirimu menjadi sosok yang tegar
dalam semua keadaan
dan kau pun akan mampu dan lebih berani
untuk melewati lagi deraan kehidupan
dan yakinlah sahabat……..
kaupun akan semakin bisa bertahan
kala badai cobaan itu menghantam

kata mutiara.. November 5, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
add a comment

kata mutiara Islam…

  • Tanda cinta kepada Allah adalah banyak mengingat (menyebut) Nya, karena tidaklah engkau menyukai sesuatu kecuali engkau akan banyak mengingatnya.
  • Tidaklah seseorang menyembunyikan sesuatu, melainkan Allah akan menampakkannya melalui raut mukanya dan ketergelinciran mulutnya.
  • Barang siapa yang dibenci manusia karena mencari ridha Allah maka manusia (yang lain) akan mencukupinya (membelanya). Barang siapa yang mencari ridha manusia dengan murka Allah maka Allah akan serahkan dia kepada munusia juga. (Ummul Mu’minin Aisyah ra/ Az Zuhd, Imam Ahmad)
  • Barang siapa yang rela dengan ketetapan Allah maka ketetapan itu berlaku padanya dan ia mendapatkan pahala. Dan barang siapa yang tidak rela dengan ketetapan Allah maka ketetapan itu juga tetap berlaku padanya, sedangkan ia terputus amalnya
  • Sesungguhnya apabila badan sakit maka makan dan minum sulit untuk tertelan, istirahat dan tidur juga tidak nyaman. Demikian pula hati apabila telah terbelenggu dengan cinta dunia maka nasehat susah untuk memasukinya

kata Mutiara sahabat..

  • Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Dia lah ladang hatimu, yang dengan kasih kautaburi dan kau pungut buahnya penuh rasa terimakasih. Kau menghampirinya dikala hati gersang kelaparan, dan mencarinya dikala jiwa membutuhkan kedamaian. Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa.
  • Dalam persahabatan dua orang, kesabaran dari salah satunya diperlukan.
  • Kadangkala menyembunyikan sesuatu perkara dari pengetahuan orang lain lebih baik dari jika diberitahu pun tidak dihiraukan
  • Seorang sahabat selalu siap dengan tangan terbuka. Untuk menghiburmu dan melindungimu dari mara bahaya. Untuk membantu menyimpan segala rahasiamu. Untuk menemanimu saat kau ingin bersenang-senang.
  • Seorang sahabat bisa menyembuhkan luka hati. Menarikmu dari nada-nada sedih yang melingkupi. Menerangi langitmu yang kelabu. Menjernihkan dusta-dusta yang menipu.Seorang sahabat selalu ada di sampingmu dalam suka dan duka. Dalam saat-saat bahagia atau penuh ketakutan. Selalu menyenangkan dan selalu ceria. Dan ikatan di antara sahabat akan senantiasa abadi.
  • Persahabatan bisa melipatgandakan kebahagiaan dan mengurangi kesedihan.
  • Seorang sahabat akan selalu menepati janji, bicara jujur, meluangkan waktu untukmu, dan bisa tertawa bersamamu