jump to navigation

cerpen sang mujahid Desember 21, 2009

Posted by anisafsx1a11 in Uncategorized.
trackback

Pada suatu hari di sebuah ruangan yang cukup sepi, dan sayup-sayup hembusan angin yang membisiki. terlihat sosok-sosok makhluk dengan jubah besar yang menutupi seluruh tubuhnya kecuali muka dan kedua telapak tangannya, sedang beradu argument dengan sekelomok makhluk berwajah terang, berjenggot tipis yang sering di usapnya ketika sedang berwudhu, baju muslim yang selalu ia gunakan sehari-hari, walaupun sudah kelihatan begitu lusuh, celana jangkisnya yang senantiasa ditemani oleh sandal kulit kesayangannya. Ya,tak lain tak bukan,,mereka adalah sekelomok ikhwan rohis yang sedang berdiskusi dengan partner lawan jenisnya dalam organisasi tersebut, yang lebih dikenal dengan sebutan “akhwat”.
Mereka sedang memperdebatkan masalah Tafakkur Alam yang sedikit lagi akan dilaksanakan. Tapi,mereka masih bingung, Dimana tempat yang lebh cocok untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Lalu terjadilah perang mulut diantara mereka,
“ Jadi gimana ni akhi untuk masalah tempatnya??? Kita harus cari tempat yang bagus, aman, enak dan budgetnya juga ga begitu besar!! Tanya salah seorang akhwat yang paling aktif di antara para akhwat lainnya. Sebut saja ukhti ana. Akhwat ini memang salah satu akhwat yang hyper aktif di organisasi rohis. Selain itu, dia juga akhwat yang paling banyak omong, bisa dibilang cerewet, karena ketika ada suatu masalah sedikit di ikhwan maupun akhwat, dialah yang paling kritis dalam mengatasinya.
“ Jadi begini ukh,,,kalau di ikhwannya, kita punya referensi tempat seperti di cibatok, gunung halimun sukabumi, dan ada beberapa tempat lain, yang seprtinya tidak mungkin untuk dijelajahi” dengan nada yang santai dan tenang, seorang ikhwan menjawabnya. Ikhwan ini adalah Firmansyah, yang akrab dipanggil ansy dan juga omen ataupun jangkung( Lha ko jangkung??why??karena dia adlah salah seorang yang paling tinggi, tingginya sekita 185 cm, sehingga sering dikatain pohon berjalan). Dia adalah ketua pelaksana kegiatan tafakkur alam ini. Dia juga menjabat sebagai ketua mushola dalam organisasi Rohis, makanya dia sering dipanggil dengan sebutan “merbot”hehe
“ hmm…kalo dari akhwat sie,,kita mau usulin di villa widuri, daerah puncak. Katanya sie enak, soalnya waktu itu di RT ana udah pernah ngadain acara Tafakkur alam kesana, dan hasilnya bagus banget. Gimana akhi??” Tanya Fatimah dengan nada yang agak malu-malu, maklum akhwat yang satu ini memang benar-benar menjaga jarak dengan ikhwan. akhwat yang satu ini menjabat sebagai ketua keputrian di organisasi rohis tersebut.
“ wah ukhti,, ga bisa begitu,,, kalo misalnya kita adain acaranya di Villa kayak gitu,,nuansa alamnya kurang dapet ukh…mending kita di cibatok aja,,kan alamnya masih asri banget…ok??” potong abdul, seorang ikhwan yang berpenampilan funky, dia adalah ketua akomodasi dalam kepanitiaan tafakur alam ini. Jadi, untuk masalah tempat, dialah orang yang bertanggung jawab atasnya.
Dengan nada yang cukup tinggi dan agak keras, ana membantah kata-kata abdul
“ bukannya begitu, ana Cuma takut terjadi apa-apa dengan peserta. Karena ana udah pernah ngerasain sendiri keadaan disana seprti apa!!”
Kata-kata ana tersebut, membuat keadaan yang tadinya sepi seprti di kuburan, berubah menjadi panas dan tegang, seakan ribuan meteor siap jatuh ke bumi dan menghancurkan segalanya.
Keadaan semakin memanas saat abdul adu bicara dengan ana, maklum , abdul memang orangnya agak keras, dan agak sedikit egois. Akan tetapi, dibalik ke egoisan yang dia tampakkan saat ini, tersimpan rasa khwatir yang cukup besar, krena dialah yang akan mempertanggung jawabkan masalah tempat, bila ada kesalahan dalam pencarian tempat, dialah orang pertama yang akan disalahkan.
Saat keadaan memuncak, dimana adu bacot terus terjadi, dan tak ada pihak yang mau disalahkan. Semua pihak ingin menang sendiri. Tiba-tiba sosok yang tadinya diam-diam saja, tak mau berkomentar apapun, hanya duduk dan mencatat segala yang terjadi, angkat bicara. Dialah Fahri, si ketua pendanaan. Ikhwan ini memang salah seorang ikhwan yang kalem, ga mau banyak berkomentar. Dia paling benci sama yang namanya perdebatan, karena pikirnya, debat hanya buang’ waktu aja dan juga dapat membekukan hati.
“ udah lah, antum semua jangan memperdebatkan suatu hal yang ga akan ada habis-habisnya. Kalau misalnya kita terus memperdebatkan hal ini, kapan kita mau jalan. Kalau semua pengurus rohisnya aja kayak begini, gimana orang-orang diluar sana yang akan kita didik. Malu!! Antum semua udah gede, jangan kayak anak kecil, yang mau menang sendiri. daripada ktia terus stuck disini, mending begini aja. Gimana kalo kita pertama ke cibatok dulu, trus abis dari cibatok, kita terusin ke villa widuri. Kan jaraknya ga terlalu jauh. Jadi bisa dua”nya kita survey.gimana?” potong fahri dengan nada yang cukup keras, lantara sudah tidak tahan dengan perdebatan yang sia-sisa tersebut.
“ nah bener banget tuh ri, mending kita kayak gitu aja, daripada waktu kita abis bakal debatin hal yang ga guna ini” sambut Rian dengan raut muka yang santai. Rian ini ketua rohis lho…. Dia adalah orang yang paling penting di organisasi rohis ini. Gayanya yang cukup OK itu, sering banget bikin akhwat-akhwat mabuk asmara. Ditambah lagi dengan sikapnya yang cukup supel dengan cewek, pokoknya,,setiap akwat yang dideketin sama si keris(baca:ketua rohis) ini, bakalan langsung Jatuh Hati sama dia. Dah gitu, kemampuan dia maen bola,,,widiii,,,,bikin makin banyak akhwat yang ngefans sama dia…..
Begitu mendengar kata-kata sang ketua rohis yang cukup bijak ini, mereka pun akhirnya setuju dengan usulan fahri. Rapat pun selesai, dengan keputusan ikhwan akan survey 2 tempat sekaligus yaitu, cibatok dan villa widuri……
Setelah syuro
Seusai syuro, akhwat-akhwat pun pulang ke rumah masing-masing. Tinggal tersisa beberapa ikhwan saja, yakni firmansyah, fahri, abdul, rian dan Mario. Oh iya,,,saya belum memperkenalkan tokoh yang bernama Mario.
Mario, keren ya namanya…akan tetapi itu Cuma nama panggilan saja. Nama lengkapnya adalah Maryono. Mungkin keliatan dari namanya, dia orang jawa, tapi jangan salah sangka lho..dia ini betawi asli…
Asal tau aja, Mario ini salah satu ikhwan terkeren di ROHIS. Emang, gayanya agak-agak kalem gitu, udah gitu kalo ngomong sama akhwat agak-agak gagap. Maklum, dia orangnya emang pemalu. Tapi,,jangan sangka,,tampangnya yang bener-bener OK ini, mampu menaklukkan ratusan cewe di sekolahnya. Bahkan, sampe-sampe dibuat tuh yang namanya MFC ( Mario Fans Club ) hebat ga tuh,,,,
Ok lanjut ke cerita berikutnya,,,
Ikhwa-ikhwan itu pun kumpul dan mendiskusikan,,rencana untuk survey nanti. Siapa yang akan kesana, biaya, dan tentunya,,”cara kesananya”,,emangnya mau nyasar…..
“ ok fren,,jadi kira-kira siapa nie yang mao pergi buat survey kesana???” sambut rian membuka diskusi kali ini. Diskusi kali ini lebih santai dan lebih gaul. Why?? Ya biasalah,,,kan isinya Cuma ada ikhwan doank,,jadi g usah pake jaim jaiman lah,,,ekpresikan dirimu!!!
“ hmmm..pastinya gw lah yan,, gw kan ketua pelaksana,,gw harus kesana,,buat ngontrol nanti,acaranya gimana…oya,,gimana kalo sma abdul dan fahri,,kan dia juga sama-sama ketua,,ketua akomodasi dan ketua pendanaan,,,gimana fren???” balas ansy dengan penuh antusias, suaranya yang ngebas itu, cukup mengangetkan fahri yang daritadi diem-diem baek.
“ ok lah,,,gw mah gampang-gampang aja. Jadi gimana kalo nginep di rumah gw aja dulu,,kita persiapin semuanya di rumah gw,,sekalian Tanya bokap gw, kan dia tau banget tuh sama jalan,,maklum lah bolang,,,hehe” jawab rahmat dengan antusias juga, karena mungkin motivasi dari ansy yang mengajaknya ke sana.”
“ ok,,gw juga setuju, berhubung gw pernah ke cibatok,,jadi gw masih rada-rada inget daerah situ,,jadi nanti biar gw jadi guide nya…hehe” tanggap abdul yang penuh semangat. Seperti akan memulai suatu petualangan baru yang menegangkan
“ yo, diem diem aja daritadi,,kenapa??blom makan??sakit?/atau kenapa??what happen with you???” Tanya rian sok perhatian, dan dengan bahasa inggris yang dipaksain. Maklum, rian tuh orang sunda asli,,jadi agak-agak susah untuk ngomong bahasa inggris.
“ hmm…gw sie setuju-setuju aja,,,asalkan……..”
“ asalkan apa????” Tanya rian dan anak-anak yang lain dengan serius,,memang,,Mario tuh orangnya misterius banget,,asal usulnya aja gajelas,,hehe ( ampun yo…),,,
Dengan nada yang cukup rendah,,,hingga membuat suasana menjadi hening…seakan-akan aura misteriusnya keluar memenuhi ruangan tersebut,,,keluarlah untaian kata yang ditunggu-tunggu oleh teman-temannya,,,fahmi pun berkata
“ asalkan abis ini lw pada teraktir gw makan,,soalnya gw laper banget n lagi kanker ( kantong kering )”
Gubrak…!!! Serentak semuanya berteriak….
“ AH LO MI….ADA ADA AJA,,,,”
Dan begitu seterusnya,,mereka terus berbincang-bincang dan bersenda gurau…maklum aja,,,kalo cowok-cowk dah ngumpul,,pasti bakalan rame kayak gitu,,,dan selesailah diskusi kecil tersebut dengan hasil. Mereka akan mensurvey 2 tempat sekaligus yang pertama cibatok yang kedua villa widuri. Dan petualangan itu akan dimulai di rumah fahri, yakni untuk merencakan segala sesuatunya yang diperlukan untuk petulangan tersebut.
Di rumah fahri
Dentang jam menunjukkan jam 9 malam, keadaan begitu sepi, hanya suara hembuasan angin malam yang membisiki. malam pun terus berlanjut hingga fahri memutuskan untuk tidur, lantaran pesimis dengan kedatangan kedua temannya yang janji untuk datang jam 8 malam.
Ketika fahri sedang mulai memasuki alam mimpinya. Melepas beban dan penat yang meliputinya selama seharian penuh ini. Baru saja dia menembus alam khayalnya, tiba-tiba terdengar suara ketukan pintu beserta salam. Suara yang ngebas itu, seperti suara yang sudah tidak asing lagi di telinga fahri, dialah ansy,,dan tentunya bersama abdul… akhirnya mereka sampai juga di rumah fahri untuk menyusun strategy petualangan esok hari.
Sebelumnya, seperti biasanya, orang tua fahri repot menjamu teman-temannya. Berbagai makanan dan minuman yang ada di persembahkan untuk mereka. Pokoknya, udah kayak raja banget dah. Begitu semua jamuan sudah tersedia, mreka pun mulai membuat strategy. Keseriusan dan ketegangan senantiasa meliputi wajah mereka, kira-kira apakah yang direncakan mereka untuk petualangan besok?? Baca di edisi selanjutnya>>>

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: